Beranda > None > Wisata Kabupaten Semarang

Wisata Kabupaten Semarang

Candi Gedong Songo

Sebuah komplek candi yang berada di kaki Gunun Ungaran,tepatnya di Desa Candi, Kecamata Ambarawa yang berjarak 9 km dari kota Ambarawa dan 12 km dari kota Ungaran. Ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 Candi Gedongsong termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad IX (tahun 921 M).Juga merupakan wisata alam dengan hawa yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah juga dilengkapi pula dengan pemandian air panas, area perkemahan, wisata berkuda, Wahana panjat tebing alam dan buatan. Disekitar lokasi juga terdapat Penginapan dan hotel.
Lokasi : Desa Candi, Kec. Ambarawa
Jarak tempuh :
Gedong Songo – Kota Ungaran : 19 km
Gedong Songo – Kota Ambarawa : 14 km
Gedong Songo – Kota Semarang : 36 km
Daya Tarik :
Wisata Sejarah: Salah satu penginggalan Hindu Syailendra pada abad IX (tahun 927 M)
Wisata Alam: Panorama alam pegunungan dengan hawa yang sejuk, dan terdapat pemandian air panas.
Area perkemahan, Panjat tebing Alam, Dinding Panjat Buatan
Daya Dukung Wisata :
Hotel (dengan paket murah)
Jasa Kuda sebagai transportasi
sumber:
http://www.semarangkab.go.id http://www.differentbaliindonesia.com

 

Susan Spa Resort

EXPLORE to experience the joys of Susan’s style in Dusun Piyoto, Bandungan. Between spa treatments or on its own, a leisurely, essential oil-enchanted, candlelight soak as you sip a fresh herbal infusion of your choice is a heavenly way to spend a misty mountain afternoon. Susan Spa and Resort is regarded as one of Java’s leading spa destination. Built at a height of 1100 m above sea level on the slope of Ungaran mountain, surrounded by a mountain range of seven peaks at the scenic setting of Bandungan, our retreat lies just 36 km from Semarang, the capitol city of Central Java. The location bring to life the unique healing power of scred water and mountain charm. Combined, this elements build inner strength and replenish the spirit.

OUR RETREAT offers a wide range of beauty and massage treatments, which include facial, arm and leg rejuvenation, hair treatment, aromatherapy, reflexology along side an exciting range of conditioning activities in our fitness center. Susan’s ginger tea “Pandan Wangi” and our staff’s hospitality will accompany you throughout your visit. As our special guest, we look forward to providing you with the most memorable service.
sumber:
http://www.susanspa-resort.com

 

Tahu Serasi Bandungan

Merupakan produsen Tahu Bandungan dengan nama Tahu Serasi yang sudah sangat dikenal masyarakat luas. Selain itu dapat dibeli juga sari kedelai yang enak rasanya. Tahu Serasi Oom Shin ini merupakan satu-satunya generasi penerus Tahu Bandungan yang asli, karena sekarang banyak sekali perusahaan atau penjual-penjual yang menjiplak merek Tahu Serasi Bandungan dari segi rasa dan kemasan. Meskipun banyak penjual tahu sejenis tetapi jika Anda menginginkan produk yang asli, Tahu Serasi Oom Shin inilah tempatnya. Dapat dimakan ditempat ataupun dibungkus untuk dinikmati di rumah. Pada liburan hari raya dan akhir pekan tempat ini sangat padat dikunjungi pembeli yang ingin mencoba rasa Tahu Serasi dan minuman sari kedelai.
sumber:
cityguide.kapanlagi.com/semarang/belanja/makanan/9857-tahu-serasi.html
http://www.facebook.com/pages/Tahu-serasi-bandungan/49883292284?v=wall

 

Pasar Sayur dan buah Bandungan

Jika anda berkunjung ke Bandungan, tidak ada salahnya mengunjungi pasar Bandungan. Pasar Bandungan masih memiliki suasana pasar tradisional tetapi di pasar ini anda akan menemukan berbagai macam sayur mayur dan buah-buahan seperti alpukat, jagung manis, ubi madu, salak, pisang ambon, kol, buncis, tomat, seledri, selada, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Sayur mayur dan buah-buahan yang dijual pun masih dalam kondisi segar karena kebanyakan baru dipetik langsung dari petani disekitar kawasan tersebut. Pasar Bandungan merupakan pasar tradisional dimana para pengunjung yang ingin berbelanja dapat berinteraksi langsung dengan para pedagang. Pengunjung boleh memilih, menawar, mencicipi, sebelum memutuskan membeli. Bila takut kotor,jangan khawatir, pasar ini cukup bersih.Karena Lantai pasar telah di-paving sehingga tidak becek saat hujan turun. Pengunjung pasar ini kebanyakan para wisatawan yang sedang berlibur. Jangan terkejut jika harga sayuran dan buah di sini sedikit mahal, karena pembelinya memang berasal dari kalangan menengah atas. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bandungan tanpa membeli buah kelengkeng sebagai buah tangan. Buah kelengkeng di daerah ini seakan tidak mengenal musim. Kapanpun ke bandungan anda akan menemukan buah yang satu ini. Kalaupun sedang tidak musim panen kelengkeng, buah kelengkeng impor dari Thailand akan mengisi kekosongan stok buah. Kawasan agrowisata Bandungan relatif mudah dijangkau. Ada banyak angkutan umum melewati daerah ini. Dari Semarang, kita dapat langsung menuju tempat ini dengan menumpang bus jurusan Semarang-Bandungan.
sumber:
http://www.jatengpromo.com/artikel.php?id=22
bandungan-indah.blogspot.com

 

Rawa Pening

Taman Wisata RawaPening terdapat di daerah ambarawa, untuk dapat masuk kesana. Jalan menunju Rawa Pening ini terdapat di jalan Raya Semarang – Salatiga ambarawa kabupaten semarang. Keindahan rawa pening dapat anda nikmati pada saat pagi hari, karena Tempat Wisata rawa pening ini menawarkan keindahan danau tersebut. Loket dibuka pukul 8.30 sd 21.00 pada pagi hari anda dapat berekreasi bersama keluarga ditaman rawa pening, karena memang desain taman yang asri ditaman rawa pening sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga, selain menikmati keindahan Danau dirawa pening. Anda dapat menyewa perahu yang telah disediakan di dermaga danau, anda bisa berkeliling danau dan melihat banyaknya eceng gondok dan kehidupan nelayan dirawa pening tersebut. Untuk menyewa perahu yang berkapasitas 10 sd 15 orang ini anda dapat menyewanya seharga Rp 25.000/jam, jadi untuk menghemat lebih baik anda menunggu orang lagi yang ingin menaiki perahu ntersebut. Pada malam hari banyak orang yang datang kewisata rawa pening ini untuk menikmati sajian ikan bakar, karena diareal luar taman banyak terdapat kedai dan rumah makan tradisional yang banyak menyediakan Ikan Gurame bakar. Bagi anda yang hobi memotret/fotografi, keindahan rawa pening ini sangatlah unik. Terutama dipagi hari pada saat sunrise, sangat disarankan anda datang ketaman rawa pening pada jam 5.00 pagi pada saat sunrise. Dan menunggu didermaga tepi danau untuk memotret keindahan
sumber:
Photo & Text by Barry Kusuma
alambudaya.blogspot.com/2007/10/eksotika-rawa-pening.html

 

Musium kereta api ambarawa

Ambarawa sejak jaman Hindia Belanda merupakan daerah militer, sehingga Raja Willem I berkeinginan untuk mendirikan bangunan Stasiun Kereta Api guna memudahkan mengangkut pasukannya untuk menuju Semarang. Maka pada tanggal 21 Mei 1873 dibangunlah Stasiun Kereta Api Ambarawa dengan luas tanah 127.500 m2. Masa kejayaan Stasiun Ambarawa yang dikena dengan sebutan WILLEM I, dihentikan pengoperasiannya sebagai stasiun kereta api dengan jurusan Ambarawa Kedungjati Semarang. Dan tahun 1976 untuk lintas Ambarawa Secang Magelang juga Ambarawa Parakan Temanggung.
Ditutupnya Stasiun Kereta Api Ambarawa, maka pada tanggal 8 april 1976 Gubernur Jawa Tengah Supardjo Rustam bersama Kepala PJKA Eksplotasi Soeharso memutuskan untuk mengubah Stasiun Ambarawa menjadi Museum Kereta Api dengan mengumpulkan 21 buah lokomotif yang pernah andil dalam pertempuran khususnya mengangkut tentara Indonesia.
Stasiun Ambarawa memiliki Lokomotif tua yang masih sanggup untuk mendaki pegunungan dengan kereta bergerigi, salah satu kereta api bergerigi di Indonesia yang dengan gagahnya mampu berjalan dengan kemiringan 30 derajat /ml menuju stasiun Bedono yang berjarak 9 km ditempuh dalam waktu 1 jam dan berkapasitas 80 orang. Wisatawan bisa menikmati panorama di sepanjang perjalanan berupa Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi serta hamparan Rawa Pening di bagian bawah. Lokasi
Museum Kereta Api Ambarawa
Jl. Stasiun Ambarawa No. 1 Ambarawa
phone: (0298) 591035
Tiket Masuk
Dewasa : Rp 3.000/orang
Anak : Rp 2.000/orang
Wisata Kereta Paket KA Wisata bergerigi stasiun Ambarawa – Bedono PP Rp 3.250.000 untuk kapasitas 80 orang sejauh 9 km Lori Wisata stasiun Ambarawa – Tuntang PP sejauh 5 km dengan biaya Rp 10.000/orang minimal 15 orang.
sumber:
teamtouring.net/mengintip-museum-kereta-api-ambarawa.html rides.webshots.com/photo/

 

Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang terdapat di Ambarawa, Kabupaten Semarang.
Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945 Ambarawa. Pasukan Sekutu yang terdesak dari Magelang mengadakan pengunduran ke Ambarawa, dan pasukan TKR yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu pada tanggal 15 Desember 1945, dimana kini diperingati sebagai Hari Infanteri. Monumen ini juga terdapat seragam para tentara Jepang, Belanda, dan Indonesia, senjata, tank kuno dan meriam, serta Mustang Belanda yang berhasil ditembak jatuh ke dalam Rawa Pening.
sumber:
thearoengbinangproject.com/2009/04/monumen-palagan-ambarawa/
id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Palagan_Ambarawa

 

Goa Maria kerep

Gua Maria Kerep (GMK) Ambarawa berdiri pada tahun 1954. Pada tahun itu Sri Paus menyatakannya sebagai Tahun Maria untuk mengenang 100 tahun usia dogma : Maria Terkandung Tanpa Noda.
Di desa Kerep, Ambarawa terdapat rumah dan tanah milik Vikariat Semarang yang diperuntukkan bagi Kongregasi Bruder Apostolik ( Kerasulan ). Maka di tempat itulah atas ijin dari Mgr. Albertus Soegijapranata, S. J., Vikaris Apostolik Semarang, dijadikan tempat pejiarahan meniru Gua Maria Lourdes. Menurut sebuah sumber tulisan Romo L. Koersen SJ. dalam majalah St. Claverbond edisi Mei 1954 dikatakan, “Bruder Vincentio menggerakkan para murid Tionghwa untuk menggali batu dari kali Panjang, kemudian batu – batu itu diangkut secara estafet ke lokasi tempat gua didirikan.
Setelah selesai pembangunannya maka Gua Maria Kerep beserta patung Maria Lourdes diresmikan dan diberkati oleh Mgr. A. Soegijapranata SJ. dalam suatu upacara yang meriah pada tanggal 15 Agustus 1954, hari raya Santa Perawan Maria diangkat ke surga. Kemeriahan itu didukung oleh banyaknya umat yang hadir dimana upacara diawali dengan prosesi dari gereja Ambarawa menuju ke lokasi gua Kerep yang dilanjutkan dengan Misa pemberkatan, Astuti, dan pentahtaan Sakramen Mahakudus
Kontak
GUA MARIA KEREP AMBARAWA
KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG
Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa 50614, Telp (0298) 592085

Sekretariat Semarang
Jl. Pandanaran 13, Telp (024) 8312276, 8411780
Fax (024) 8414741
sekretariat_smg@guamariakerep.org

Sekretariat Ambarawa
Jl. Mgr Soegijapranata 56, Telp (0298) 591028
Fax (0298) 596344
sekretariat_amb@guamariakerep.org
sumber:
guamariakerep.org

 

Kampoeng Kopi Banaran

Merupakan salah satu Wisata Agro yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), Terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35 dengan ketinggian 480 – 600m dpl dengan suhu udara cukup sejuk antara 23ºC – 27º C.
Fasilitas utama berupa bangunan untuk menikmati sedapnya kopi “Banaran Coffee” juga dibangun arena bermain anak – anak, lapangan tenis, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Jelajah Kebun dengan ATV.
Lokasi wisata agro ini di tengah areal perkebunan kopi robusta, persis di tepi jalan Semarang-Salatiga atau satu kilometer dari Terminal Bawen. Kopi robusta olahan Banaran sudah memasuki pasar ekspor sejak dulu, tidak hanya disukai di kawasan Asia, tetapi juga di Eropa.
Wisata unggulan di Kampoeng Kopi Banaran adalah
Coffee House
Taman dan Gazebo
Camping Ground
Griya Robusta
Kereta Wisata
Flying Fox
Kolam Renang
ATV dan Taman lalu Lintas
Kontak
Jl. Raya Bawen-Solo Km.1,5
Telp.(0298) 7101770
Email. promo@kampoengkopibanaran.com

sumber:
http://www.kampoengkopibanaran.com/

 

Hills Joglo Villa

Hills Joglo Villa di Jawa Tengah, yang merupakan pusat budaya dan sosial Indonesia dan telah banyak situs yang spektakuler, seperti Borobudur dan Prambanan Temples dan Dataran Tinggi Dieng. Villa kami menawarkan untuk menyewa sembilan (9) megah dikembalikan antik rumah Jawa Joglo kayu, mulai di usia 100-350 tahun, dilengkapi dengan barang-barang antik Jawa dan menyediakan fasilitas modern. Ini termasuk: AC individu, telepon IDD, koneksi WiFi internet, TV satelit, DVD player, pembuat kopi, dan mini bar. Sebanyak 50 tamu dapat diakomodasi. Hal ini diatur dalam enam hektar sawah dan kebun yang indah dipahat di kaki Gunung Ungaran, hanya 30 menit dari pusat kota Semarang dan 35 menit dari Bandara Internasional Semarang. Kami menawarkan atraksi berikut:

  • 15 m kolam renang, kolam dayung anak, taman bermain ayunan dan slide, bulutangkis pengadilan dan pusat kebugaran dan kolam ikan kecil untuk tamu.
  • Sebuah kedai kopi dan galeri, saat ini dengan pameran 22 karya seniman Semarang, Akuan.
  • Kami mengatur penjemputan dan penurunan biaya dari bandara atau stasiun kereta api (saat ini Rp 100.000 sekali jalan).
  • Melayani untuk individu, kelompok-kelompok kecil, retret eksekutif atau pernikahan.
  • Ekstensif koleksi barang antik. Termasuk koleksi penting dari kendi air terakota Indonesia (kendi) dari seluruh Indonesia.
  • Makanan khas Jawa, Cina atau Barat disajikan, baik di rumah-rumah Joglo, di taman yang indah atau di sebuah restoran kecil yang canggih yang melekat pada sebuah galeri seni modern.
  • Kita dapat mengatur perjalanan sehari-hari ke Yogyakarta, Borobudur, Prambanan, dan Solo Dataran Tinggi Dieng atau ke banyak situs menarik di sekitar Semarang.
  • Taman mempertahankan suatu kumpulan yang menarik hewan dan tumbuhan perwakilan dari satwa liar sisa-sisa Jawa-yang terutama disimpan dalam pengaturan tersebut. Ini termasuk 43 burung, 33 kupu-kupu, tujuh katak dan tujuh spesies kadal. Banyak jenis pohon buah langka telah ditanami. perkebunan kopi nestles kecil kami di bukit vila.
  • Perjalanan Lokal ke lereng Gunung Ungaran yang melalui hutan sekunder dan perkebunan pala, kopi, dan cengkeh. Daerah ini juga kaya akan satwa liar.
  • Padi sekitar Joglo adalah sebuah peternakan hidup yang berbagi-dipotong dan menghasilkan panen tiga tahun. Siklus ekologis padi ini terbentang hari dan selalu menarik. Dari kerbau yang bergerak untuk squash di batang-batang padi ke suar di malam hari warga desa setempat saat mereka berburu belut.

Address: Desa Keji RT.6 / RW.1 Mapagan-Ungaran-Semarang-Central Java
Phone: (62) 024 – 6926101 -03
Email: reservation@villajoglo.com
sumber:
http://www.villajoglo.com

Kategori:None
  1. 16 Mei 2013 pukul 6:23 PM

    Heya just wanted to give you a brief heads up and let you
    know a few of the images aren’t loading correctly. I’m not sure why but I think its
    a linking issue. I’ve tried it in two different browsers and both show the same outcome.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: